7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Dengan Bijak

Tekanan Darah merupakan bagian dari fisiologis manusia yang hendaknya perlu diperhatikan. Sebab, tekanan darah merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam kesehatan. Tekanan darah yang tidak normal dapat memicu datangnya penyakit lain yang lebih berbahaya lagi seperti gangguan ginjal, jantung, stroke dan lain sebagainya.

Ada banyak cara dan upaya yang bisa kita lakukan untuk membuat tekanan darah tetap normal. Bila terlalu tinggi maka turunkan, dan jika terlalu rendah maka naikan. Jika anda bisa menjaga tekanan darah tetap normal, maka anda akan hidup sehat. Lalu adalah langkah – langkah untuk menurunkan tekanan darah, mengingat tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang kebanyakan diderita dari pada tekanan darah rendah.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini sedikit tips yang mudah – mudahan bisa kita praktekan sebagai upaya untuk menurunkan tekanan darah tinggi agar menjadi normal.

1# – Menerapkan Pola Makan Sehat Sehari – Hari

Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita makan sehari – hari. Terlebih lagi di jaman sekarang, banyak sekali makanan siap saji dengan banyak tambahan bumbu kimia dan bahan pengawet. Tentu saja hal ini dapat berpengaruh terhadap tekanan darah kita. Oleh sebab itu, ubahkah pola makan kita dengan menu makanan sehat. Memang jika belum terbiasa, akan cukup kesulitan, namun itulah yang harus kita lakukan untuk menurunkan dan menjaga agar tekanan darah tetap normal.

2# – Olahraga Teratur

Upaya selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah biasakan untuk selalu berolahraga. Saya dan anda dan semua orang tentunya sepakat bahwa olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Oleh sebab itu, anda harus memulai membiasakan olahraga sedini mungkin agar anda tidak malas melakukannya ketika sudah terpaksa harus melakukannya.

3# – Membatasi Konsumsi Garam

Konsumsi garam dapur yang berlebihan dapat mempengaruhi tekanan darah. Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain membatasi konsumsi garam. Anjuran dokter dan dari sumber yang kami dapatkan usahakan konsumsi garam dapur perhari tidak lebih dari satu sendok teh. Bagi anda yang suka makanan asin tentu aja akan terasa hambar, namun anda harus pakskan demi kesehatan anda.

4# – Konsumi Makanan Penurun Tekanan Darah

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa kita gunakan sebagai upaya menurunkan tekanan darah. Diantarnay seperti buah – buahan, apel,  kiwi, jeruk dan lain sebagainya. Untuk sayuran anda bisa konsumsi mentimun yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara cepat. Selain itu, bawang putih juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5# – Kendalikan Stress

Stress dapat memicu banyak sekali penyakit. Terutama yang berhubungan dengan aliran darah. Pasalnya stress dapat membuat ketegangan dalam tubuh kita sehingga laju aliran darah di dalam pembuluh darah tidak lancar. Jika sudah demikian, pastinya dapat berpengaruh langsung terhadap tekanan darah anda. Oleh sebab itu, mulailah belajar menejemen stress yang baik untuk masa depan kesehatan anda.

6#- Pantau Tekanan Darah Secara Rutin

Kita tidak pernah tahu berapa tekanan darah kita tanpa mengukurnya. Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah disebut tensimeter. Untuk anda yang tidak ingin bolak balik ke dokter anda bisa membeli alat ukur tekanan darah ini di toko atau distributor alat kesehatan untuk dipakai sendiri di rumah. Dengan demikian, anda tidak perlu pergi ke dokter jika hanya ingin mengecek tekanan darah anda.

7#- Kendalikan Berat Badan Ideal

Tips berikutnya adalah menjaga berat badan tetap ideal. Sudah kita ketahui bahwa kegemukan / Obesitas merupakan faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya penyakit – penyakit berbahaya dalam tubuh kita. Termasuk juga tekanan darah tinggi, juga dapat diakibatkan dari berat badan berlebih. Oleh sebab itu dengan mengendalikan berat badan, kita berarti telah menghilangkan satu faktor resiko tekanan darah tinggi.

Baca : Daftar makanan untuk diet berat badan

Nah, demikianlah sedikit tips yang bisa kami sajikan ke ruang baca anda. Semoga dapat bermanfaat untuk kita smua. Sekian, dan selamat beraktifitas.