SISI SAINS PENTING DALAM PEMASARAN

Sains Dalam Pemasaran

Ada dua sisi yang penting dalam pemasaran, seni dan sains. Secara tradisional, pemasaran adalah tentang proses kreatif, seni. Dan saya suka seni — iklan hip, komedi, grafik animasi.

Tetapi bagaimana dengan analitik, dan sains? Berikut adalah empat hal yang dapat ditingkatkan jika pemasaran mendekati hal-hal dari perspektif sains-pertama:

1. Komunikasi yang lebih baik dari pemasaran merek. Ini berarti komunikasi yang relevan pada titik kebutuhan. Ini berarti lebih sedikit kontak, lebih sedikit spam dan kebisingan, dan pesan yang diantisipasi dan sangat personal. Bagaimana kita mencapai ini? Salah satu caranya adalah melalui penggunaan analytics. Misalnya, metode analitis seperti optimisasi membantu pemasar mengurangi limbah pemasaran sambil mengoptimalkan anggaran, proses, dan pengembalian investasi. Pemasaran sering dianggap memiliki banyak “limbah” —tapi merampingkan operasi dan proses sambil menghemat uang perusahaan, dan bahkan menarik pendapatan tambahan, akan selalu menjadi kemenangan bagi pemasaran seperti sidopulsa.

2. Komunikasi merek yang konsisten di semua saluran, titik waktu, departemen, dan perangkat. Pada titik ini, organisasi tidak memiliki alasan untuk menghubungi konsumen secara acak dari berbagai bagian organisasi dengan pesan pemasaran atau layanan yang sama. Perusahaan harus memiliki “otak” atau “pusat” pusat dari mana semua pesan, terlepas dari salurannya, mengalir ke konsumen. Jika saya menolak untuk bergabung dengan klub liburan hotel ketika saya memeriksa hotel Anda jangan menelepon saya minggu depan di rumah saya dan menawarkannya lagi. Merek sangat pandai dalam bidang kreatif tetapi belum dikuasai memastikan pesannya sesuai konteks, sesuai, diantisipasi, dan dipersonalisasi untuk kebutuhan konsumen.

3. Pemasaran bekerja lebih baik dengan departemen lain. Seorang pemasar dengan angka dan hasil adalah hal yang sangat kuat. Departemen pemasaran ingin dilihat sebagai pusat laba daripada pusat biaya. Jika departemen pemasaran dapat membuktikan nilai dari program yang mereka jalankan menggunakan analitik, sulit untuk mempertanyakan kemanjurannya. Apa cara yang lebih baik untuk menjembatani kesenjangan antara pemasaran dan penjualan selain untuk memberikan tim penjualan dengan prospek dan prospek yang sepenuhnya memenuhi syarat melalui penggunaan analitik.

Seorang pemasar yang tahu apa yang benar-benar dibutuhkan oleh calon pelanggan dan klien dapat mengatasi masalah paling penting di muka, dan tidak hanya berbicara tentang tren di pasar. Pemasaran akan sangat berharga bagi departemen dukungan TI dan teknologi jika mereka dapat mengantisipasi poin rasa sakit pelanggan dan mengidentifikasi solusi. Dan, departemen pemasaran yang dapat mengumpulkan data, menganalisisnya, dan mengirimkannya ke hulu melalui manajemen produk ke Litbang untuk digunakan dalam pengembangan produk di masa depan akan sangat berharga.

4. Pemasaran akan memiliki kemampuan untuk menjawab “mengapa.” Sebagai pemasar, salah satu tugas utama kami adalah menciptakan pesan yang memposisikan produk dan layanan yang kami sediakan di pasar. Beberapa merek sangat pandai menciptakan perpesanan ini, dan yang lain memiliki masalah membuat pesan mereka beresonansi. Data dapat membantu pemasar bergerak melampaui “apa yang kita lakukan” dan “bagaimana kita melakukannya” ke mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan. Seperti yang Simon Sinek katakan dalam pidatonya di TED, “Orang tidak membeli apa yang Anda lakukan, mereka membeli mengapa Anda melakukannya.” Analytics memberikan organisasi data untuk memahami segala sesuatu yang mengarah pada mengapa jadi ketika mereka mengirim, itu beresonansi lebih penuh untuk khalayak.

 

Jadi sudah tahukan sisi penting sains dalam pemasaran?