Pura Luhur Giri Arjuno – Balinya Malang

Jika membahas spot wisata yang ada di malang dan batu seakan tidak ada habisnya dan tidak melulu tentang wisata pantai dan alam saja tetapi ada juga wisata religinya, pada kali ini ada satu lagi spot wisata yang sangat indah dan sakral bagi pemeluk agama hindu yang bernama “pura luhur giri arjuno” yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi berlibur akhir pekan kamu atau ingin beribadah ke tempat ini, penasaran apa saja yang ada di pura ini? Mari simak penjelasan dibawah ini.

Pura Luhur Giri Arjuno

Terletak di desa tulungrejo, kecamatan bumiaji, kota batu, jawa timur butuh waktu sekitar 30 menit unutuk sampai ke pura ini dari kota batu karena letaknya yang berada di ujung kampung tepatnya di kawasan lereng barat gunung arjuno, namun jangan khawatir karena akses menuju pura ini sudah sangat bagus tapi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua karena jalanya yang sempit dan berlika – liku, atau anda juga bisa menggunakan kendaraan angkutan desa yang sudah disediakan untuk sampai ke lokasi ini. Untuk berkunjung kesini bisa pesan paket wisata malang terbaik dan terpercaya.

Pura ini merupakan tempat beribadah pemeluk hindu terbesar yang ada di batu, untuk masalah pemandanganya tidak perlu dipertanyakan lagi yang pastinya tidak kalah keren dari pura lainya seperti pura ismoyo jati yang berlatarkan pantai, Pura ini memiliki latar pegunungan yang membuat suhu di pura ini sangat sejuk khas dengan suhu dataran tinggi yang sejuk membuat siapapun yang datang ke tempat ini merasa nyaman dan tenang sangat cocok sekali untuk bermeditasi.

Berdiri sejak tahun 1988 yang diusung kurang lebih 80 kepala keluarga yang beragama hindu dharma, konon katanya asal muasal pura ini berasal dari pesanggrahan yang dilakukan oleh umat hindu yang ada disekitaran wilayah ini dan diresmikan oleh walikota batu pada tahun 2005, pesanggrahan tersebut dilakukan karena mereka yakin bahwa di tempat itu terdapat candi pawon yang merupakan peninggalan kerajaan majapahit yang terkubur karena letusan dari gunung arjuno,

Bagi kalian yang tidak beragama hindu juga diijinkan untuk berkunjung ketempat ini untuk menikmati pemandangan yang masih alami dan indah, namun perlu diingat jika kalian berkunjung kalian harus memperhatikan dan menghormati umat hindu yang sedang beribadah jangan sampai mereka terganggu karena tempat ini adalah tempat peribadahan, dan ada baiknya juga sebelum berkunjung kalian meminta izin terlebih dahulu dan memperhatikan apa saja yang tidak boleh dilakukan dipura ini yang akan disampaikan oleh penjaga pura.

Pura ini memiliki luas kurang lebih 6 hektare yang dipenuhi oleh bangunan bale yang dikhususkan untuk ritual tersendiri, sangat jarang sekali kalian bisa menemukan pura yang langsung berlatarkan ladang milik warga dan pegunungan sekaligus kecuali kalian datang langsung ke bali, pura ini sendiri buka setiap hari selama 24jam penuh karena merupakan tempat peribadahan. Berkunjung ketempat ini akan terasa lebih nyaman dan khimat pada hari – hari sepi dan untuk biaya masuknya tidak dikenakan tariff sepeserpun karena dikhususkan sebagai tempat ibadah.

Fasilitas di pura ini juga terbilang cukup lengkap sudah ada toilet, tempat parkir, warung – warung kecil, dan ada hotel dan penginapan juga jika anda ingin menginap dan menikmati keindahan pura ini lebih lama lagi.

Tips sebelum berkunjung

  • Diwajibkan menggunakan pakaian yang sopan 
  • Jangan buang sampah sembarangan 
  • Bawa pakaian hangat 
  • Dan selalu menghormati orang yang sedang beribadah

Naahh itu saja informasi yang bisa sampaikan mengenai pura yang satu ini sempatkan waktu kalian untuk berkunjung ke tempat ini jika kalian datang ke kota batu, apalagi untuk kalian yang beragama hindu sangat direkomendasikan untuk beribadah di pura yang satu ini. Cek juga web Nahwa Tour untuk informasinya. Sekiann terimaksihh.