Pola Asuh Anak yang Wajib Diketahui oleh Orang Tua

Banyak cara atau tipe orang tua dalam memberikan pola asuh anak, setiap orang tua mempunyai cara sendiri-sendiri dalam mengasuh anak mereka. Mendidik anak adalah hal penting yang harus diperhatikan orang tua, perkembangan zaman yang semakin bebas sebagai orang tua dituntut untuk lebih extra dalam mengontrol anaknya. Banyak dizaman sekarang anak-anak menjadi korban pergaulan bebas, kalau sudah menjadi korban seperti itu sebagai orang tua hanya bisa menyesali, sebelum penyesalan itu terjadi kita harus menjaga anak kita dengan memberikan pola asuh yang tepat untuk anak kita, berikut beberapa tipe pola asuh anak yang bisa digunakan orang tua

  1. Otoriter

Cara yang satu ini orang tua mendidik anak secara keras dan kaku, anak disuruh menuruti semua peraturan yang dibuat oleh orang tua bila anak melanggar peraturan akan ada hukuman yang di dapatkannya, cara ini memang membuat anak menjadi disiplin tapi disisi lain anak bisa menjadi tertekan.

  1. Demokratis

Mendidik anak secara demokratis ini berlawanan dengan cara otoriter. Pola asuh anak demokratis ini cenderung anak diberi kebebasan dalam mengukapkan pendapatnnya, orang tua memberikan penjelasan-penjelasan tentang peraturan yang di terapkan kepada anaknya dan anaknya boleh tidak setuju dengan peraturan yang dibuat kemudian berdiskusi mencari solusinya.

  1. Temporizer

Pola asuh anak ini merupakan mendidik anak secara tidak konsisten dan membuat anak bingung karena orang tua sering mengubah peraturan yang dibuatnya. Orang tua terkadang lunak kdang kala juga keras terhadap anak. Dengan cara seperti ini anak akan terbawa sifat orang tua yang tidak konsisten akibatnya anak menjadi tidak disiplin.

Tipe-tipe pola asuh anak yang biasa digunakan oleh orang tua masih banyak lagi, tipe diatas hanya beberapa yang umum digunakan oleh orang tua dalam mengasuh anaknya. Sebagai orang tua kita harus mengerti dan memahami terhadap keadaan anak, bila kita tidak mengerti terhadap keadaan anak orang tua bisa saja memberikan tipe mengasuh anak yang salah, hal tersebut bisa menjadikan anak kita stres dan prustasi. Orang tua harus banyak belajar tentang cara mengasuh anak yang benar. Dizaman sekarang anak sangat mudah berhubungan dengan dunia luar bila kita tidak dapat memberikan yang terbaik buat anak pada akhirnya kita sendiri yang akan menyesal. Maka dari itu marilah sebagai orang tua kita sisikan sebagian waktu kita untuk memperhatikan anak kita.