Mendatangi Tempat Pemandian Ken Dedes

Tulisan kali ini masih membahas sekitar air terjun yang ada di Malang Raya. Khususnya air terjun yang berada di wilayah Kota Batu. Seperti Kabupaten Malang, Kota Batu mempunyai banyak destinasi wisata berupa air terjun. Hal ini disebabkan karena Kota Batu berada di dataran tinggi dan dekat dengan banyak perbukitan dan gunung. Perbukitan dan gunung menyimpan banyak sumber air, yang sebagiannya menjadi air terjun atau biasa disebut coban.

coban putri

Di daerah Junrejo terdapat air terjun yang masih belum banyak diketahui wisatawan. Salah satunya bernama Coban Putri. Nama Coban Putri diambil dari sejarah singkat yang banyak berkembang di masyarakat Kota Batu. Menurut Suwandi ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tlekung, penamaan tersebut diambil karena pada zaman Kerajaan Singosari air terjun itu sering dikunjungi Putri Ken Dedes (Kanalmalang.net). Ken Dedes ialah permaisuri Ken Arok yang merupakan Raja Singosari. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan travel surabaya malang dari Nahwa Travel.

Lokasi Coban Putri

Coban Putri berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Tempat ini terletak tidak jauh dari salahs satu air terjun yang sudah cukup terkenal, yaitu Coban Rais. Jaraknya hanya sekitar 1.5 km. Dari alun-alun Kota Batu berjarak hanya sekitar lima 5 km.

Menuju ke Coban Putri dapat dipermudah dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti arah Coban Rais. Sebelum menemukan papan petunjuk ke arah Coban Rais, bakal lebih dulu terlihat papan petunjuk ke arah Coban Putri. Atau kalian bisa menggunakan petunjuk melalui Google Maps.

Menuju Coban Putri dapat ditempuh menggunakan sepeda motor. Masuk dari arah Jalur Lingkar Barat Desa Tlekung. Coban ini berjarak sekitar 500 meter dari Jalur Lingkar Barat.

Aktivitas di Coban Putri

Coban Putri mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan lebar 3 meter. Di tempat ini pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Ditambah lagi kesegaran air dengan suasana tempat yang menyejukkan dan masih alami. Pepohonan subur mengelilingi tempat ini dan ada suara kicauan burung yang akan memperkuat suasana kealamian tempat ini. Dengan beberapa pembangunan sederhana, di dekat tempat ini sudah terdapat bendungan yang membentuk arus bertingkat.

Ayunan dan Jembatan

Beberapa fasilitas tambahan sudah ada di Coban Putri. Pengelola telah menyediakan dua ayunan yang letaknya berdampingan. Tiang-tiang ayunan ini dibalut dengan bunga plastik berwarna pink. Letak ayunan ini tepat berada di depan air terjun. Kalian bisa membayangkan suasana yang tercipta jika kalian duduk di ayunan ini?

Di sudut lain juga tersedia jembatan dari bambu. Penggunaan bahan-bahan dari bambu memperkuat kesan atau suasana alami di Coban Putri. Jembatan bambu ini juga menjadi spot foto favorit wisatawan.

Gardu Pandang

Disebut Gardu Pandang karena dari titik lokasi ini pengunjung dapat menikmati pemandangan dari jarak pandang yang ideal. Dari sini makin terlihat keindahan pemandangan alam berupa pegunungan. Tempatnya berada di dekat loket masuk. Setelah melalui loket, kalian akan bertemu dengan taman indah. Di taman itu berada Gardu Pandang berbentuk telapak tangan. Tentu Gardu Pandang menjadi lokasi spot foto paling favorit di Coban Putri.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam di Coban Putri pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 8.000 rupiah per pengunjung. Dan jangan lupa sudah ada fasilitas parkir untuk menjamin keamanan kendaraan anda. Biaya fasilitas parkir hanya sebesar 3.000 rupiah. Bukankah harga tersebut cukup murah? Bahkan bisa jadi tidak sebanding dengan kesan yang kalian dapatkan?

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di Malang Raya. Dijamin anda akan ketagihan untuk mendatanginya lagi. Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu Nahwa Travel juga menyediakan layanan travel surabaya malang terpercaya.