Menaklukan Air Pulau Tabuhan Dengan Kitesurfing

Banyuwangi terkenal dengan sbutan Sunrise of Jawa karena memiliki banyak tempat wisata yang indah dan mempesona. Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa ini seakan menediakan paket wisata yang lengkap. Mulai dari Taman Nasional Baluran, Alas Purwa, Api Biru kawah Ijen dan Pantai-Pantai yang berderet dari selatan hingga timur Kabupaten ini. Salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan Banyuwangi dikancah internasional yaitu Pulau Tabuhan. Dinamakan Pulau Tabuhan karena memiliki angin kencang dan mengeluarkan suara. Yaitu pulau yang memiliki bunyi-bunyian atau tabuhan. Meskipun terpisah dengan dataran besar Pulau Jawa, pulau ini masih berada di wilayah Desa Brangsing, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Pulau Tabuhan berada persis di selat Bali yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan yang terlebih dahulu populer.

kite-surfing-tabuhan

Keunikan yang dimiliki Pulau Tabuhan adalah olahraga kitesurfing yang memakai tambahan peralatan berupa parasut, layang yang digunakan untuk menjalankan dan menarik papan surfing pengendara. Olahraga selancar dipermukaan air ini menggabungkan beragam unsur mulai dari selancar angin, selancar paralayang, bahkan senam menjadi satu jenis olahraga.

Kitesurfing ini memanfaatkan angin guna mendorong sang atlet untuk menaklukkan air dengan papan selancar. Pengendara selancara di papan akan dihubungkan dengan sebuah layang-layang paralayang. Semua atlet akan berlomba melintasi air dan terkadang di udara. Sedangkan olahraga windsurfing adalah olahraga dengan memanfaatkan tenaga angin untuk meluncur membelah air. Di sepanjang perjalanan menuju Pulau Tabuhan dikagumkan dengan hamparan pasir putih bersih, pengunjung bisa menikmati pemandangan menawan dengan gradasi warna laut yang indah mulai hijau,biru muda hingga biru tua. Kejernihan airnya dan biota lautnya yang memukau akan memanjakan Anda yang hobby snorkling.

Bagi Anda yang ingin menyusuri Pulau Tabuhan bisa mengikuti open trip menjangan tabuhan naik kapal dengan dengan maksimal penumpang sebanyak 10 orang. Tidak perlu khawatir tenggelam Anda akan di beri pengamanan berupa pelampung dan jika Anda mau mencoba snorkeling bidang menyewa alat snorkeling satu set berupa jaket pelampung dan snokel sebesar Rp. 30.000. Apabila Anda membutuhkan sepatu katak Anda bisa menyewanya seharga Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lama di pulau ini bisa menyewa penginapan di dekat pantai.

Harga Tiket masuk Pulau ini masih gratis. Untuk menuju Pulau Tabuhan jika Anda dari Kota Banyuwangi Anda dapat menuju jalur Pelabuhan Ketapang, berlanjut ke Pantai Watudodol (Patung Gandrung). Setelah sampai di pom bensin yang ada di kiri jalan, berbeloklah ke arah kanan dan ikuti jalan tersebut hingga tiba di Masjid Perubahan Griyang yang berada di kiri jalan. Setelah itu Anda akan menjumpai papan petunjuk jalan yang menuju Pantai Bangring atau Rumah Apung, ikutilah jalan tersebut hingga sampai di Pantai Bangsring yang dekat dengan Pulau Tabuhan. Perjalanan yang ditempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam. Percayakan liburan anda di pulau tabuhan dengan ihsantravel.com