Manfaat Dahsyat Olahraga Zumba Untuk Tubuh

Zumba adalah program kebugaran yang menggabungkan musik Latin dan internasional dengan gerakan tarian. Rutinitas Zumba menggabungkan pelatihan interval – bergantian irama cepat dan lambat – untuk membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Zumba adalah aktivitas aerobik yang dapat menghitung jumlah aktivitas aerobik yang direkomendasikan untuk orang dewasa paling sehat oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Pedoman merekomendasikan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik kuat seminggu, atau kombinasi aktivitas sedang dan kuat. Tetapi aktivitas fisik dalam jumlah kecil sekalipun sangat membantu. Menjadi aktif untuk waktu yang singkat sepanjang hari dapat menambah hingga memberikan manfaat kesehatan.

Latihan aerobik dapat mengurangi risiko kesehatan, membantu menjaga berat badan yang sehat, menguatkan hati Anda, dan meningkatkan mood Anda. Jika Anda menikmati Zumba, Anda juga cenderung melakukannya secara teratur dan merasakan manfaat olahraga secara teratur dari latihan aerobik ini.

Seperti halnya latihan apa pun, jika gerakan atau posisi tertentu sakit, cobalah untuk memodifikasi latihan untuk menghindari aktivitas yang menyakitkan.

Getaran seluruh tubuh

Getaran seluruh tubuh dapat menawarkan beberapa manfaat kebugaran dan kesehatan, tetapi tidak jelas apakah itu baik untuk Anda seperti olahraga teratur.

Dengan getaran seluruh tubuh, Anda berdiri, duduk atau berbaring di atas mesin dengan platform bergetar. Ketika mesin bergetar, ia mentransmisikan energi ke tubuh Anda, memaksa otot Anda berkontraksi dan rileks puluhan kali setiap detik. Aktivitas ini dapat menyebabkan Anda merasa seolah-olah Anda memaksakan diri.

Anda dapat menemukan mesin getaran seluruh tubuh di gym lokal, atau Anda dapat membelinya untuk digunakan di rumah.

Para pendukung mengatakan bahwa hanya 15 menit sehari getaran seluruh tubuh tiga kali seminggu dapat membantu penurunan berat badan, membakar lemak, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan aliran darah, mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, membangun kekuatan dan mengurangi hormon stres kortisol.

Tetapi penelitian komprehensif tentang getaran seluruh tubuh masih kurang. Belum jelas apakah getaran seluruh tubuh memberikan rentang manfaat kesehatan yang sama dengan olahraga yang Anda lakukan secara aktif, seperti berjalan, bersepeda atau berenang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa getaran seluruh tubuh dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan dapat membantu mengurangi berat badan saat Anda juga mengurangi kalori.

Getaran seluruh tubuh juga memiliki peran di luar olahraga dan kebugaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa getaran seluruh tubuh, ketika dilakukan dengan benar dan di bawah pengawasan medis bila diperlukan, dapat:

Kurangi sakit punggung
Meningkatkan kekuatan dan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua
Kurangi keropos tulang
Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran, nikmati diet sehat dan sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian Anda. Jika Anda memilih getaran seluruh tubuh, ingatlah untuk melakukan aktivitas latihan aerobik dan kekuatan juga.

Dan karena getaran seluruh tubuh dapat berbahaya dalam beberapa situasi, tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakannya, terutama jika Anda sedang hamil atau memiliki masalah kesehatan.