Manfaat Bunga Lidah Mertua untuk Obat Herbal

Lidah mertua (sanseivieria) dari toko bunga tangerang seringkali diketahui untuk tanaman hias yang seringkali diletakkan di teras sebab bentuk daun tunggalnya yang menarik. Daunnya berwarna hijau tua dengan bintik putih atau kuning, kadang di bagian pinggir berwarna kuning.

Tanaman hias ini mempunyai bunga yang majemuk serta bertandan dengan panjang capai 85 cm. Bunganya ada di bagian ujung akar rimpang berwarna putih kekuningan.

Selain menjadi tanaman hias, lidah mertua bisa dibuat obat herbal dengan manfaatkan bagian-bagian tanamannya. Sisi yang dapat digunakan jadi obat ialah daun serta rimpang yang memiliki kandungan pregnane glycoside. Penyakit yang dapat sembuh ialah batuk, diabetes, serta ambeien.

Lidah mertua yang akan dibuat obat batuk, sisi rimpangnya harus dirubah jadi serbuk kering. Kemudian, serbuk itu diseduh dengan air panas serta didiamkan sampai dingin. Air seduhan itu baru dapat Anda minum untuk menurunkan rasa batuk.

Pemakaian untuk obat diabetes dilaksanakan dengan memotong-motong satu lembar daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai berkurang cuma sisa segelas air. Air rebusan itu didiamkan sampai dingin. Kemudian, Anda dapat minum ramuan itu untuk menyembuhkan diabetes.

Sementara, untuk mengobati ambeien, satu lembar daun lidah mertua dikeringkan serta di rebus dengan 3 gelas air sampai sisa segelas. Air rebusan itu dapat Anda minum untuk menyembuhkan ambeien yang sedang Anda derita.

Menurut riset, sisi daunnya dapat dipakai untuk menyembuhkan lebam, penyakit kulit seperti eksim, sakit gigi, wasir, pencegah flu, serta penawar toksin yang dikarenakan oleh hewan berbisa. Di Afrika, daun ini dipakai untuk mencegah toksin karena gigitan ular serta serangga.

Di sejumlah negara, getah dari tanaman ini dipakai untuk cairan antiseptik serta daunnya seringkali dipakai untuk membalut cedera pada aksi P3K. Masalahnya sisi daun pada tanaman lidah mertua dapat mengurai zat beracun jadi senyawa organik, gula, serta asam amino.

Kecuali dipakai jadi obat herbal, tanaman ini dapat juga dipotong-potong memiliki ukuran 5 cm untuk disimpan di kulkas. Maksudnya untuk hilangkan aroma tidak enak.

Di Cina serta Selandia Baru, tanaman sanseivieria dari florist tangerang ini dibudidayakan untuk dibuat bahan baku serat pada industri tekstil. Daunnya seringkali ditebar di ruangan produksi industri untuk mereduksi senyawa beracun supaya tidak diserap oleh pekerja.