Evaporator Jadi Salah Satu Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna mobil. Hal tersebut dikarenakan AC dapat menunjang kenyamanan para penggunanya ketika berkendara di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Tak heran rasanya jika AC mobil tidak dingin membuat para pengendara jadi tidak nyaman karena panas dan gerah ketika berkendara. Ada banyak sekali faktor penyebab yang membuat AC menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Salah satunya disebabkan oleh Evaporator yang kotor atau bahkan mengalami kebocoran. Evaporator yang sudah kotor dapat menyebabkan aliran Freon jadi tak bisa berjalan seperti seharusnya. Sehingga menyebabkan udara dingin tak bisa melewati komponen tersebut. Alhasil, AC mobil tak hanya dapat mengeluarkan hawa panas yang menggangu, namun juga bisa mengeluarkan bau yang dapat menyebarkan kuman penyakit.

Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk menghindari hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan service AC mobil secara berkala. Selain itu berikut ini adalah solusi untuk mengatasi masalah AC yang disebabkan oleh evaporator:

  1. Mencuci AC mobil

Anda bisa melakukan pencucian AC mobil untuk membersihkan setiap bagian AC mobil secara menyeluruh. Dengan demikian, AC akan kembali bersih dari debu dan kotoran yang menempel. Cara ini berfungsi untuk membuat AC mobil tetap dingin juga menghindari penyebaran kuman penyebab penyakit.

  1. Mengganti Evaporator

Komponen evaporator yang sudah berlendir atau mengalami kebocoran perlu diganti dengan yang baru. Anda jangan terlalu memaksakan dengan menambal kebocoran pada komponen tersebut. Hal tersebut dikarenakan kebocoran tersebut bisa saja terjadi lagi pada titik lain di evaporator. Sehingga anda harus menggantinya dengan yang baru agar masalah langsung teratasi dengan efektif.