Cara Mengubah Waktu pada Jam Tangan Casio G-Shock

Jam tangan dari Casio dibuat berdasarkan gagasan sederhana bahwa jam tangan harus bertahan selama bertahun-tahun, apa pun yang terjadi. Sebagian besar jam tangan G-Shock menggunakan tombol untuk pengaturan waktu, seperti jam tangan lainnya, tetapi beberapa model menawarkan opsi yang lebih sederhana.

Pengaturan Tombol G-Shock

Pada umumnya, jam tangan G-Shock memiliki empat atau lima tombol yang mengontrol fungsinya. Di kiri atas dan kanan adalah tombol A dan B, dan di kiri bawah kanan adalah tombol C dan D. Beberapa model menambahkan tombol kelima di bagian tengah, yang menjadi tombol C. Pada model-model tertentu, tombol kiri bawah dan kanan menjadi D dan E. Lainnya menambahkan tombol kelima di bagian bawah, di mana itu diberi label L.

Cara Mengatur Waktu pada Jam Tangan G-Shock

1. Mengatur G-Shock Anda Secara Manual

Mulai dalam mode standar atau “ketepatan waktu”. Untuk masuk ke mode pengaturan waktu, cari tombol A di kiri atas dial dan tahan selama beberapa detik.

Pada banyak model, pesan ADJ muncul dan kemudian berubah ke SET ketika Anda melepaskan tombol. Model G-shock saat ini mengubah zona waktu secara otomatis, jadi hal pertama yang Anda lakukan adalah memilih kode kota untuk tempat tinggal Anda atau setidaknya untuk kota di zona waktu yang sama. Gunakan tombol kanan atas dan bawah untuk bergerak ke timur atau barat sampai Anda menemukan kota yang benar dan kemudian tekan tombol kiri bawah untuk memilihnya dan pindah ke pengaturan berikutnya.

Kemudian, Anda diminta untuk memilih format tampilan 12 jam atau gaya militer 24 jam, dan mengatur waktu, tanggal, bulan dan hari dalam seminggu. Setelah Anda memilih semua pengaturan yang sesuai, tekan tombol A untuk kembali ke mode ketepatan waktu normal. Beberapa model memecah pilihan kota dan pengaturan waktu ke dalam urutan yang berbeda dengan sedikit variasi dalam pesan layar dan penekanan tombol.

2. Menggunakan Pencatatan Waktu Atom

Beberapa model G-Shock mampu memperbaharui waktu secara otomatis. Teknologi “ketepatan waktu atom” ini menerima sinyal radio dari salah satu dari enam jam atom yang terletak di seluruh dunia. Untuk memberi jam tangan kesempatan untuk mengatur waktu sendiri, lepaskan dan tinggalkan di ambang jendela di area yang bebas dari penghalang di dalam atau luar ruangan atau peralatan apa pun yang menghasilkan sinyal listrik.

Idealnya, jam tangan harus menemukan sinyal dan mengatur sendiri dalam 12 menit atau kurang, tetapi membiarkannya semalaman bahkan lebih baik. Jangan gunakan jam saat sedang mencari sinyal.

3. Mengatur Waktu Melalui Ponsel Anda

Jika Anda memiliki G-Shockdengan fitur Bluetooth, mak Anda dapat menghubungkannya dengan smartphone dan menggunakan aplikasi Casio G-Shock Connected atau aplikasi G-Shock + yang lebih lama. Keduanya tersedia untuk Android dan iOS.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, pastikan Bluetooth telepon dihidupkan dan kemudian letakkan dalam jarak tiga kaki dari jam. Ketuk ikon Connected untuk meluncurkan aplikasi. Sementara jarum detik diarahkan keluar dari logo Bluetooth pada permukaan jam, tekan dan tahan tombol kiri bawah selama sekitar 4 detik. Tangan kedua akan menunjuk ke logo Bluetooth, menunjukkan koneksi. Setiap kali Anda memasangkan ponsel dan jam, kemudaian aplikasi G-Shock akan memeriksa waktu dan pembaruan sistem ponsel.

Itulah beberapa cara mengubah waktu pada jam tangan Casio G-Shock yang dapat Anda aplikasikan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatur atau mengubah waktu pada jam sesuai dengan kebutuhan Anda.