Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dan Batuk

Radang tenggorokan paling sering terjadi pada bagian belakang tenggorokan atau faring, kondisi ini dikenal sebagai faringitis.

Seperti peradangan pada amandel atau tonsil (tonsilitis), atau peradangan pada pita suara (laringitis) yang kerap ditandai dengan suara yang serak. Kondisi-kondisi ini seringkali terjadi bersamaan.

Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering dialami banyak orang. Biasanya orang yang mengalami sakit tenggorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel.

 

Dan  kondisi ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk menelan makanan, Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri atau virus loh.

Umumnya radang tenggorokan akut bisa membaik dalam kurun waktu 5 sampai 10 hari meski tanpa pengobatan. Ada beberapa gejala seseorang yang akan mengalami radang tenggorokan dan batuk yaitu sebagai berikut.

Tenggorokan terasa sakit  terutama saat menelan.

Sensasi kering pada tenggorokan.

Munculnya demam yang ringan.

Mengalami rasa tidak nyaman saat berbicara.

Munculnya batuk yang mengganggu.

Pembengkakan kelenjar getah bening sekitar leher.

 

Dilansir dari situs bionerve.org berikut cara mengobati radang tenggorokan dan batuk yaitu :

Konsumsi bawang putih. Kunyah bawang putih di malam hari agar tenggorokan terasa lega keesokan harinya, minum air jahe. Jahe bisa membantu membunuh bakteri dan menyapu lendir yang membuat tenggorokan tak nyaman, makan buah pisang.

Pisang kaya akan vitamin, vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk, minum sesendok madu. Larutkan madu dengan air hangat atau konsumsi langsung untuk mengobati radang tenggorokan secara alami,minum jus kiwii kaya akan kandungan protein yang dapat menyingkirkan batuk kering akibat infeksi tenggorokan.

Nah sebelum penyakit ini semakin parah ketika masih gejala , kita harus mengonsusmi obat obatan alami seperti diatas, agar penyakit radang tenggorokan dan batuk cepat disembuhkan.