Cara Memperbaiki Oven yang Tidak Panas

Saat menyiapkan hidangan keluarga atau memamerkan keterampilan kuliner Anda, oven listrik adalah salah satu mesin pengolah makanan yang paling sering digunakan. Kini kita akan membahas apa yang harus dilakukan ketika Anda mengalami masalah pada oven listrik, seperti berikut.

Elemen Pemanas

Jika oven listrik Anda tidak cepat panas atau seperti tidak ada peningkatan suhu, mungkin penyebab utamanya adalah terdapat pada elemen pemanas. Pertama-tama perhatikan baik-baik elemen pemanas tersebut apakah terpisah atau melepuh, berarti hal ini perlu penggantian pada elemen pemanas. Namun jika tidak, coba untuk nyalakan oven Anda dan gunakan untuk memanggang sebentar dan matikan dengan hati-hati, cobe perikas apakah elemen tersebut menjadi hangat. Jika masih dingin, saatnya mencabut kompor, lepaskan panel belakang, dan lihat kabelnya. Apakah kabel berkarat atau longgar? jika Anda menemukan kabel atau terminal listrik rusak, Anda harus mengganti bagian yang rusak itu.

Thermostat Kontrol Oven

Jika oven Anda panas atau dingin, atau jika tidak memanas sama sekali, masalah Anda bisa berupa termostat yang tidak berfungsi. Thermostat, bagian dari panel kontrol utama, mengatur elemen panggang dan memanggang melalui kontak suhu sensitif yang mengirimkan listrik ke elemen-elemen tersebut. Karena termostat jarang melakukan kesalahan pada oven yang tidak mencapai suhu, periksa komponen lainnya sebelum melihat termostat. Pertama, cabut oven. Kemudian gunakan multi-meter untuk memeriksa kontak termostat untuk kontinuitas. Jika ada sekrup penyesuaian di bagian belakang termostat, itu berarti dapat dikalibrasi ulang menggunakan termometer yang akurat. Beberapa termostat memungkinkan Anda untuk memindahkan kalibrasi sebanyak 50 derajat F.

Sensor temperatur

Mungkin alasan mengapa oven Anda dingin adalah terletak pada kesalahan sensor suhu yang mengatur suhu oven. Sensor temperatur ini sering terletak di dinding bagian belakang pada oven Anda. Pada oven jenis terbaru baru, biasanya terdapat kode kesalahan yang ditampilkan. Periksa buku manual pemilik Anda atau situs toko mesin untuk mengetahui resistansi yang tepat dari sensor suhu. Cabut oven dan gunakan multi-meter untuk melihat apakah sensor Anda berada pada resistansi yang benar.

Electronic Control Board

Electronic control board atau yang biasa disebut papan kontrol elektronik ini berfungsi sebagai otak pada oven. Ketika daya listrik tidak mengalir ke sirkuit untuk menyalakan elemen, maka Anda perlu memeriksa output relay dari papan kontrol. Pada bagian ini Anda harus lebih berhati-hati karena risiko sengatan listrik. Pengecekkan ini dapat membantu Anda apakah papan kontrol perlu diganti karena kurangnya output tegangan.

Sekring

Oven yang memiliki sekring internal, sekring dapat meledak ketika ada masalah dengan kabel atau komponen lainnya. Pertama, cabut kabel oven kemudian temukan sekring yang biasanya diberi label, sehingga Anda dapat melacak sirkuit mana yang memiliki masalah dengan komponennya, atau biasanya terdapat kabel yang rusak sehingga menyebabkan sekring meledak. Dalam penggantian sekring yang perlu Anda perhatikan adalah jenis dan type sekring yang sama dengan aslinya.