Beberapa Keuntungan Pemasaran Affiliasi

Apabila Anda adalah seorang pemiliki bisnis toko online, kemungkinan besar Anda mengetahui atau setidaknya pernah mendengar istilah “pemasaran afiliasi.” Tetapi banyak orang tidak yakin apa itu sebenarnya atau bagaimana prosesnya bekerja. Dalam istilah yang paling sederhana, pemasaran afiliasi adalah model pemasaran berbasis kinerja yang memberikan penghargaan kepada mitra afiliasi karena menggerakkan tindakan yang diinginkan. Tindakan ini dapat mencakup kunjungan website, pengisian formulir dan / atau penjualan yang dikonversi. Bentuk pemasaran ini bisa menjadi cara yang sangat bermanfaat, serta memiliki risiko rendah untuk mempromosikan produk Anda.

Untuk membantu Anda memahami manfaat dari pemasaran afiliasi, berikut adalah ulasannya.

  1. Pemasaran affiliasi sepenuhnya didasari oleh performa

Keuntungan utama memiliki program afiliasi adalah sepenuhnya berbasis kinerja atau performa. Karena komisi afiliasi hanya dibayar setelah tindakan yang diinginkan terjadi, maka teknik pemasaran ini lebih baik untuk mengarahkan konversi yang Anda cari. Teknik ini memudahkan Anda untuk mengarahkan lalu lintas yang baik ke website bisnis online Anda sambil memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayarkan.

  1. Permasaran affiliasi dapat membantu memperluas audiens Anda

Teknik pemasaran afiliasi dapat ditemukan di setiap kategori pasar dan produk yang ada saat ini. Baik Anda ingin masuk ke industri ritel atau untuk sesuatu yang lebih menarik seperti mainan vintage buatan tangan, dan juga brand seperti jam tangan Casio, akan selalu ada website yang relevan untuk diselaraskan. Berita baiknya adalah bahwa banyak dari teknik afiliasi ini yang sudah memiliki basis audiens yang besar. Kemitraan ini memberikan semua jenis bisni peluang untuk berkembang ke pasar baru yang mungkin tidak Anda miliki sebelumnya untuk dijelajahi, memberi merek Anda dan kehadiran online yang lebih kuat. Pikirkan teknik pemasaran ini sebagai perpanjangan dari tim pemasaran atau penjualan Anda saat ini.

  1. Dapat meningkatkan reputasi Anda

Melakukan kerjasama dengan blogger tepercaya dan website dapat meningkatkan reputasi merek dan produk yang Anda miliki. Mereka akan memperjuangkan produk Anda dan, menurut pendapat kami, akan semakin memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan Anda. Sementara dalam tahap penelitian pembelian, konsumen lebih cenderung mempercayai pendapat pihak ketiga atas konten yang dihasilkan langsung dari website yang menjual produk ini. Konsumen juga memiliki tingkat kepercayaan tertentu pada website yang sering mereka kunjungi untuk melihat rekomendasi produk sebelum membelinya.

  1. Biaya yang lebih hemat

Untuk banyak alasan yang tercantum di atas, pemasaran afiliasi dapat membutuhkan biaya yang lebih hemat. Jika Anda hanya membayar komisi ketika konversi yang diinginkan terjadi, Anda tidak akan membuang biaya lain yang tidak efektif. Selain itu, merekrut afiliasi di pasar baru adalah cara mudah untuk membuka cabang ke pasar itu tanpa biaya overhead untuk menciptakan sebuah kampanye pemasaran, dan mengurangi kebutuhan untuk mengeluarkan biaya ke pasar yang belum terbukti prospeknya.

  1. Dapat meningkatkan traffic website secara lebih cepat

Sehubungan dengan teknik pemasaran Anda yang lain, merekrut orang untuk melakukan kerjama affiliasi ke program Anda akan memungkinkan Anda untuk mengukur traffic lebih cepat. Semakin banyak website yang menautkan ke halaman website utama bisnis Anda, maka semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk mengubah pengguna tersebut menjadi pelanggan potensial. Juga, meskipun tautan afiliasi tidak akan berdampak langsung pada peringkat mesin pencari Anda, itu akan memiliki ‘efek halo’ dalam hal lebih banyak orang mencari produk Anda dan menavigasi ke halaman website Anda – yang sangat bagus untuk peringkat Anda. Selain tingkat traffic rujukan yang lebih tinggi, Anda hampir selalu dapat mengharapkan peningkatan untuk traffic secara langsung dan organik Anda juga.