4 Aplikasi Terbaik Untuk Guru Yang Bermanfaat

Seiring berkembangnya teknologi, banyak muncul aplikasi yang memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya profesi guru yang dituntut mengajar dan memberikan nilai kepada siswanya. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa aplikasi terbaik untuk guru yang dapat memudahkan kewajibannya.

Banyak aplikasi edukasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan model pembelajaran di kelas. Sehingga guru dapat menemukan metode pembelajaran kreatif dan inovatif. Berikut contoh aplikasi yang dapat diunduh dan digunakan guru:

1. Google Classroom

Aplikasi ini memudahkan guru dan siswa dalam koordinasi pemberian dan pengiriman tugas, serta komunikasi. Google Classroom dapat dimanfaatkan sekolah, lembaga pendidikan (non profit) dan semua pengguna akun Google. Pengguna Google Classroom juga dapat mengunggah file gambar, video dan dokumen melalui Google Drive. Guru dapat membuat tugas dan mengirimkan langsung ke siswa serta mengkoreksi jawaban tugas tersebut.

2. Edmodo

Edmodo ini merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk guru yang dilengkapi fitur komunikasi real time. Baik dengan sesama guru, siswa dan orang tua siswa. Komunikasi yang terjalin dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah. Aplikasi ini sudah diunduh dan digunakan lebih dari 10 juta user.

Selain komunikasi, guru dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengelola rencana kegiatan kelas. Guru juga dapat mengirimkan catatan untuk tugas yang diberikan kepada siswa.

3. Teacher Gradebook

Aplikasi Teacher Gradebook yang dikeluarkan oleh Fran Meneu ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu user Google Playstore. Dapat diunduh secara gratis, akan tetapi aplikasi ini juga menawarkan versi premiumnya dengan biaya Rp 73.000.

Fitur yang tersedia cukup banyak seperti rubrik assessment (penilaian), catatan guru, penghitung nilai akhir otomatis, absensi, dan statistik kehadiran. User dapat import data dokumen dengan format CSV serta melakukan export dokumen dalam format CSV dan PDF.

4. ZipGrade

Aplikasi yang tersedia bagi pengguna IOS dan Android ini memudahkan guru dalam proses penilaian hasil ujian siswa. Aplikasi ini menggunakan fitur kamera yang ada di perangkat sebagai scanner grading. Selain menyimpan data nilai, aplikasi ini akan mengirimkan feedback berupa nilai kepada siswa.

Itulah beberapa aplikasi terbaik untuk guru yang dapat dimanfaatkan fitur-fiturnya. Aplikasi tersebut membantu melakukan pekerjaan guru dengan efisien dan tepat waktu. Sebagai tenaga pendidik tentunya tidak ada salahnya jika menerapkan salah satu aplikasi tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Selamat mencoba!